Ternyata ada banyak pemain-pemain top liga-liga sepak bola Eropa yang beragama Islam. Yang saya agak mengejutkan saya ternyata Nicolas Anelka telah menjadi seorang muallaf ketika dia merumput di Fenerbahce Turki.
Begitu juga dengan Zlatan Ibrahimovic. Salah satu pemain dengan skill individu yang baik tapi sayang bermain pada klub yang tidak saya senangi. Bintang paling bersinar di Seri A Italia ini memang lahir dari keluarga muslim. Dia lahir dan besar di Malmo, kota terbesar ke tiga di Swedia, (saya pernah mampir ke kota ini tahun 2000) dan tempat komunitas muslim paling besar di negeri itu. Ibra adalah imigran di Swedia dari ayah yang asli Bosnia dan Ibu keturunan Kroasia.
Mudah-mudahan pemain top Muslim juga mengamalkan ajaran Islam dengan baik dan memegang prinsip-prinsip Islam dengan baik juga. Seperti:

Stephen Appiah, sempat bingung di awal karirnya di Italia karena sulit menemukan makanan yang halal.
Frederic Kanoute sempat menolak memakai kostum klub yang disponsori rumah judi bahkan hingga ditutupi. Belakangan setelah berkonsultasi dengan penasehat spiritualnya dia melunak. Karena sponsor klubnya menjanjikan bahwa sebagian keuntungan digunakan untuk sosial.
Rami Shaaban mengaku hidup dengan panduan Al Quran. Kiper timnas Swedia ini senantiasa melafalkan beberapa ayat sebelum bertanding.
Kolo Toure merasa sebagai seorang muslim dia harus menghormati orang lain. Kesuksesan dirinya selalu disebutnya berkat doanya kepada Allah.
Frank Ribery mengakui bahwa Islam adalah sumber kekuatannnya di dalam dan di luar lapangan. Terutama ketika ia sempat mengalami masa sulit dalam karir dan ia menemukan Islam yang memberi kedamaian.

1. Zinedine Yazid Zidane (ex. Juventus dan Real Madrid): Tetapi mengaku “non-practicing Muslim” (tidak mempraktekkan ajaran Islam)

2. Frank Ribery

3. Mesut Ozil

4. Robin Van Persie

5. Samir nasri

6. Karim Benzema

7. Zlatan Ibrahimovic

8. Nicholas Anelka

Insyaallah mereka tetap dapat istiqamah dalam menjalankan syariat islam .

About these ads